180 Days of Social Studies: Grade 4 - Daily Social Studies Workbook for Classroom and Home, Co

180 Days of Social Studies: Grade 4 - Daily Social Studies Workbook for Classroom and Home, Co

Biologi Jelaskan hubungan iklim dan tanaman serta informasi ik;lim dalam pembangunan pertanian

Jelaskan hubungan iklim dan tanaman serta informasi ik;lim dalam pembangunan pertanian Jawaban :

Peranan Iklim Bagi Tanaman


Hasil akhir proses fotosintesis dan berbagai fisiologi lainnya tanaman adalah pertumbuhan dan produksi. Fotosintesis merupakan awal kehidupan tanaman yang dasarnya adalah proses fisiologi dan fisika dengan mengkoversi energy surya (matahari) dalam bentuk gelombang elektromagnetik menjadi energi kimia dalam bentuk karbohidrat. Selain radiasi surya proses fotosintesis sangat ditentukan oleh ketersediaan air, konsentrasi CO2 dan suhu udara. Sedangkan proses respirasi dan beberapa proses metabolisme tanaman secara nyata dipengaruhi oleh suhu udara dan beberapa unsur iklim lainnya, sedangkan proses transpirasi tanaman sangat ditentukan oleh ketersediaan air tanah (kelembaban udara), radiasi matahari, kelembaban nisbi dan angin.

Selain proses metabolisme, proses pembungaan, pengisian biji dan pematangan biji atau buah tanaman sangat dipangaruhi juga oleh radiasi surya (intensitas dan lama penyinaran), suhu udara, kelembaban nisbi dan juga angin. Karena itu, produktivitas mutu hasil tanaman yang banyak ditentukan pada fase pengisian dan pematangan biji atau buah, sangat dipengaruhi oleh berbagai unsure iklim dan cuaca, terutama radiasi matahari dan suhu udara.

Pemanfaatan Informasi Iklim Dalam Budidaya

Informasi iklim sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi potensi dan daya dukung wilayah untuk penetapan srategi dan arah kebijakan pengembangan wilayah, seperti pola tanam, cara pengairan (intermiten), pemwilayahan agroekologi dan komoditi. Pemwilayahan komoditi pertanian dapat disusun berdasarkan agroklimat, karena masing-masing tanaman mempunyai syarat tumbuh tertentu untuk dapat menghasilkan produksi yang maksimal. Kesesuaian iklim yang diperlukan untuk tanaman berproduksi maksimal, memungkinkan suatu wilayah untuk dapat dikembangkan menjadi pusat produksi suatu komoditas pertanian.

Keadaan iklim (cuaca) pada periode tertentu sangat menentukan pola tanam, varietas, teknologi usahatani, pertumbuhan, produksi tanaman, serangan hama/penyakit. Contoh, system usahatani lahan kering pada padi gogo, berbagai unsur iklim terutama pola dan distribusi curah hujan sangat berpengaruh terhadap produksi.

Efektivitas dan efesiensi pestisida untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman padi sawah juga sangat ditentukan curah hujan, suhu udara dan kelembaban. Pengendalian hama terpadu (PHT) dengan menggunakan musu alami bisa dilakukan berdasarkan pengetahuan tentang iklim dan cuaca. Faktor cuaca, suhu, curah hujan, kelembaban dan factor lain dapat mempengaruhi cara dan keberhasilan pengendalian hama penyakit, baik yang dilakukan secara kimia, hayati maupun kultur teknis.

[answer.2.content]